Wisata Budaya

Wisata budaya di dusun Sumberan ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya daerah setempat kepada wisatawan sehingga dapat menambah wawasan dan khasanah budaya bagi wisatawan, serta dalam rangka melestarikan adat istiadat yang ada di dusun Sumberan.

Wisata budaya di dusun Sumberan, yaitu :

1. Karawitan (gamelan)

Karawitan adalah alat musik jawa yang biasanya mengiringi kegiatan hiburan adat turun temurun seperti wayang atau reog. Ada beberapa alat musik karawitan, yaitu kendang, bonang, saron, demung, kenong, slenthem, gong, gambang dan siter. Alat musik ini memiliki suara yang berbeda-beda namun jika dipukul sesuai notasi yang sudah dirancang bisa menghasilkan tembang atau lagu. Wisatawan yang berkunjung di dusun Sumberan dapat melihat pertunjukan karawitan serta mencoba memainkan alat musik jawa tersebut dengan dipandu oleh intruksi dari pemandu agar menghasilkan sebuah tembang/lagu jawa, sehingga dapat berkesan bagi wisatawan.

2. Tata Kerama / Unggah Ungguh Jawa

Tata kerama atau unggah ungguh merupakan budaya sopan santun warga dusun Sumberan. Wisatawan dapat melihat dan mempelajari ungguh ungguh warga setempat, serta dapat “Live In” dengan menginap di rumah warga sehingga wisatawan dapat merasakan secara langsung penerapan tata kerama di dalam kehidupan sehari-hari.